KABOA

Pertanian dan teknologi

2019-07-27

MENGENAL PUPUK LEBIH MENDALAM


Apa itu pupuk?

 

Pupuk yaitu suatu bahan dimana mempunyai kandungan satu maupun beberapa unsur hara atau nutrisi yang tersedia bagi tanaman untuk tumbuh dan berkembangnya suatu tanaman.
 
Pupuk pada umumnya diberikan sebagai pupuk dasar dan pupuk susulan. pemberian pupuk dilakukan dengan cara diletakan pada tanah, lewat daun atau bagian tanaman lainnya. Pupuk dasar kita bisa menggunakan pupuk kandang maupun  kompos. Pupuk susulan berupa pupuk NPK yang diberikan 2 - 3 kali selama pertumbuhannya tergantung kebutuhan tanmanan yang dibudidayakan.

Tanaman yang diberikan pemupukan

1. Tanah miskin hara
2. Pertumbuhan tanaman perlu dipercepat untuk mengurangi resiko akibat
    persaingan dengan gulma.
3. Ingin meningkatkan hasil pertambahan pertumbuhan

Pupuk dapat digolongkan pada bahan organik alam  (organik) dan bahan kimia (anorganik). Kelebihan dan kekurangan pupuk organik dan anorganik kebanyakan pupuk merupakan bahan organik buangan, seperti pupuk kandang, sisa-sisa tanaman, darah dan sisa-sisa ikan. Pupuk kimia, seperti amonium nitrat dan superfosfat disintesa dari mineral-mineral anorganik. Pupuk N dapat disintesa dengan menggunakan nitrogen langsung dari udara.

Tingkatan tanggapan tanaman terhadap pupuk sebagian besar berhubungan dengan kapasitas produktif, (productive capacity) dari tanah.
       
Untuk memperkecil biaya pemupukan, praktek pertanian dilaksanakan untuk memberikan pupuk sekedar cukup untuk tambahan hara tanah yang tersedia dan menaikkan tingkat hara yang sesungguhnya diperlukan tanaman

Pupuk dapat berwujud padat, cair atau gas. Kebanyakan berwujud padat dan diberikan pada tanah. Pupuk dapat dilarutkan dalam air irigasi, atau diberikan pada dedaunan.

Penempatan pupuk

Penempatan yang tepat dan saat pemberian merupakan faktor sangat penting dalam pemupukan. Tanggapan tanaman, penghindaran kerusakan, dan ketidak repotan dan pemberiaan yang ekonomik harus diperhatikan. Agar efektif, pupuk harus diberikan ditempat dan disaat tanaman memerlukannya. Pupuk dapat diberikan bersamaan saat pemindahan tanaman, baik sebagai jalur dibawah tanaman atau dilarutkan dalam air tambahan untuk pemindahan, sebagai larutan pemulai (starter solution).
 
Pada tanaman tahunan, atau pada tanaman setahun berumur panjang ketersediaan hara lebih efisien diatur dengan pemberiaan berulang selama masa tanam. 

Pupuk dapat diberikan bersamaan saat pemindahan tanaman, baik sebagai jalur dibawah tanaman atau dilarutkan dalam air.