KABOA

Pertanian dan teknologi

2016-12-27

PEMANFAATAN LIMBAH RUMPUT LAUT Gracilaria sp. BISA DIJADIKAN SEBAGAI PUPUK ORGANIK


Gracilaria sp. jenis rumput laut ini yang paling banyak digunakan didalam produksi agar-agar. dimana Gracilaria sp. merupakan jenis rumput laut yang mudah diperoleh, harganya yang murah dan proses pengolahannya lebih mudah.

Di Indonesia Peningkatan Produksi rumput laut tiap tahunnya cukup bagus. Produksi rumput laut nasional yaitu mencapai 4,3 juta ton pada tahun 2011. dimana rumput laut jenis ini merupakan pemasok bahan baku pabrik agar-agar.  

Kementerian perindustrian sangat mendukung penghentian akan ekspor rumput laut. Hasil rumput laut yang sangat melimpah di negeri ini hanya bisa terserap pasar sebesar 25% ( pasar dalam negri), sedangkan 75% lagi diekspor keluar negri dalam bentuk bahan mentah. 

Rumput laut sendiri banyak dimanfaatkan sebagai bahan makanan seperti Agar-agar rumahan, puding, jely dan sebagainya. bukan hanya itu didalam industripun, digunakan sebagai bahan tambahan pada kosmetik, cat tekstil,  farmasi, dan sebagainya. Salah satu negara terbesar penghasil bubuk rumput laut yaitu Tiongkok, akan tetapi bahan baku rumput lautnya sendiri didatangkan dari Indonesia. 

Selain itu rumput laut jenis ini juga bisa dimanfaatkan sebagai pupuk organik. Dengan memanfaatkannya sebagai pupuk organik. Penggunaan daripada Gracilaria sp. sebagai bahan pembuatan pupuk organik telah banyak dilakukan. dengan berbagai kandungan yang terdapat pada rumput laut ini sangat memberikan pengaruh yang positif terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

 Tentunya masyarakat yang hidup didaerah pesisir pantai tidak asing dengan rumput laut ini, bahkan sering menemukan limbah dari para nelayan yang tidak diambil karena kualitas atau sisa sortasi.
Kita bisa memanfaatkannya dengan menjadikan limbah dari rumput laut tersebut sebagai pupuk oragnik tentunya akan lebih bermanfaat.