KABOA

Pertanian dan teknologi

2017-11-14

Budidaya Pohon Sengon Prospek Investasi Menggiurkan


budidaya pohon sengon merupakan investasi yang sangat menjanjikan dimana sangat mudah dalam proses pembudidayaanya dan keuntungan yang menggiurkan. kita itung-itung menabung karena hasil yang kita dapatkan tidak langsung kita dapatkan dengan cepat, menanam tanaman ini sekitar 3-4 tahun baru bisa panen akan tetapi dengan perawatannya yang tidak butuh pemeliharaan setiap hari ini tentunya bisa di jadikan investasi oleh anda.



sengon merupakan jenis tanaman kayu yang mepunyai pertumbuhan yang relatif lebih cepat bila dibandingkan dengan tanaman kayu lainnya, pohon ini juga termasuk tanaman yang terbilang cukup mudah dalam teknik membudidayakannya. tanaman yang mempunyai produktivitas yang tinggi ini mampu memberikan dampak hasil ekonomi yang sangat pantastis bagi masyarakat yang menggeluti budidaya pohon sengon ini sendiri. kayunya yang menjadi incaran untuk berbagai keperluan seperti bahan kontruksi ringan, berbagai jenis papan, perabotan rumah tangga dan bahan properti bangunan.

sengon dapat tumbuh mulai dari sisi pesisir pantai yaitu 0 mdpl hinggga ketinggian 1600 mdpl, dengan pertumbuhan yang optimal yaitu 0 - 800 mdpl, pada jenis tanah alluvial, latosol dan regosol dengan ph sekitar 6-7,  sengon in memerlukan suhu mulai dari 18 - 28 derajat celcius, tuntunya ini sangat ideal. kelembaban sekitar 50 - 75% dan curah hujan 2000 - 4000 mm.

budidaya pohon sengon prospek investasi menggiurkan. kita mempunyai lahan yang kurang atau tidak produktif? sengon inilah yang akan menjadi solusi untuk menjadi usaha yang menjanjikan, bahkan anda mengeluarkan modal untuk membeli lahan pun rasanya tidak akan sia-sia dalam menggeluti budidaya sengon ini karena prospek kedepannya terus meningkat , seiring dengan permintaan pasar yang tak akan habis bahkan terus meningkat akan kebutuhan hasil dari pohon sengon ini. 



Cara Budidaya Pohon Sengon

1. Penyiapkan bibit yang unggul.

bibit bisa anda dapatkan dari penjual bibit yang ada di tempat tinggal anda,  biasanya ada juga yang  menjual bibit secara keliling dengan kendaraan mobil ss dan harganya antara 1000-2000 tergantung si penjual. atau anda juga bisa membuat bibit sendiri dengan membuat penyemaian bibit .

2. Penanam bibit pohon sengon

penanaman sengon biasanya di lakukan di awal musim hujan sehingga pada masa pertumbuhan awal, sengon mendapat air yang cukup sehingga pertumbuhannya awalnya cepat. dan lahan yang akan ditanami sudah dipersiapkan.
membuat lubang sekitar 30x30 cm dengan jarak yang di berikan antara bibit yaitu 2.5 x 4 m, lubang sudah di beri pupuk organik , baik pupuk kandang maupun pupuk bokasi.

bisanya dilakukan penyulaman , yaitu penanaman kembali bibit yang mati, maka harus disiapkan bibit lebih, dan angkat kematian biasanya berkisar 15-30% tergantung perawatan kita dan faktor lingkungan seperti kondisi tanah, iklim, dan hama.

3. Proses perawatan sengon

penekanan untuk pemupukan yaitu 2 tahun sejak bibit di tanam. karena pada masa itu sengon sedang dalam masa vegetatif, unutuk mempercepat pertumbuhan pemupukan dilakukan secara teratur sesuai dengan bertambahnya umur sengon, setelah 2 tahun ke atas pemupukan dapat di kurangi waktu pemberiannya.

selain pemupukan pembersihan gulma juga sangat penting, terutama di sekitaran pohon sengon , hal ini bertujuan supaya unsur hara yang terdapat dalam tanah tidak berebut dengan gulma. jangan biarkan lahan anda di penuhi gulma dan bersihkan secara teratur.

pemangkasan batang sengon pun perlu dilakukan, hal ini dimaksudkan supaya tidak terlalu banyak cabang pada pohon dan proses pertumbuhan berpusat pada batang pohon. awal pembuangan batang pohon dilakukan apabila pohon sudah agak besar dan sudah mempunyai sekita 5 cabang. buang 2 cabang di bagian paling bawah. dan kegiatan ini terus terus di lakuan hingga pohon berumur 2,3-3 tahun.

4. Pemanenan.

apabila umur sengon sudah berumur 4 tahun itu artinya pohon sengon sudah siap di panen, pemanenan biasanya tergantung kita karena umur 3 tahun pun sebenarnya rata-rata sudah bisa di jual kayunya, tetapi semakin besar semakin mahal harga yang kita akan dapatkan.

pemanenan bisa dilakukan dengan menjual ke bandar, bila tidak ada bandar di tempat anda , tidak usah khawatir karena banyak bandar yang dari jauh kok mencari sengon ini. atau anda juga bisa menjualnya sesudah diolah/di potong sesuai permintaan, dan di jual ke pabrik, atau toko bagunan.


Penghitungan Ekonomi

budidaya pohon sengon terbilang mudah dalam proses pemeliharaannya yang tidak setiap hari harus di perhatikan atau di pelihara, kita mempunyai banyak waktu untuk menjalankan usaha yang lain, atau usaha ini dapat dijadikan usaha sampingan / investasi yang menjajnjikan. 
jika kita contohkan menanam 1000 pohon dengan harga bibit 1.500 maka kita mengelurakan modal untuk bibit sekita 1.500.000.
 untuk hasil panen dari satu pohon kita misalkan harga 100 ribu per pohon, ini rata-rata umur 3.5 -  4 tahun tergantung cara perawatan kita. maka hasil yang kita dapatkan adalah 100.000.000 
kemudian kita kurangi biaya perawatan yang di antaranya pupuk, biaya pegawai , biaya pembersihan gulma, biaya alat - alat dan biaya tek terduga kita masukan minyalnya, 15.000.000 ,karena semua biaya tidak dilakukan setiap saat, saya rasa dengan jumlah ini sudah cukup besar.
kita mendapatkan keungtungan sekitar 83.500.000 rupiah/ 4 tahun
ini hanya jika kita menanam sekitar 10000 pohon sengon, investasi yang sangat mengiurkan bukan.

mungkin cukup sekian budidaya pohon sengon prospek investasi yang menggiurkan , bila anda berkenan dan ada pertanyaan bisa menulisnya di kolom komentar di bawah. terima kasih.